Biar Tidak Malu, Ini 5 Cara Mudah Mencegah Kentut

Biar Tidak Malu, Ini 5 Cara Mudah Mencegah Kentut

Selain sendawa, kentut juga merupakan cara alami tubuh untuk mengeluarkan gas berlebih dalam tubuh yang terkurung dalam sistem pencernaan. Namun, hal yang normal ini malah akan terlihat menjijikkan atau memalukan jika terjadi di hadapan orang lain, terlebih lagi kentut yang di lepaskan mengeluarkan suara dan bau yang kurang sedap.

Proses terbentuknya gas dalam tubuh bisa  terjadi akibat gas atau udara dari luar yang masuk dalam tubuh bersamaan dengan makan atau pun minum. Selain itu, gas juga bisa terbentuk dalam pencernaan akibat beberapa jenis makanan yang sulit untuk di cerna. Sisa makanan yang belum tercerna dengan baik akan di hancurkan oleh bakteri yang bisa menghasilkan hidrogen, metana, hingga karbon dioksida. Inilah salah satu hal yang menyebabkan kentut beraroma tidak sedap.

Untungnya, saat ini sudah banyak cara yang bisa kamu coba untuk mengontrol tubuh agar tidak buang angin sembarang apa lagi di depan umum yang akan membuat kamu malu. Apa saja? Yuk, mari simak bersama.

1. Mengkonsumsi makanan dengan perlahan serta tidak membuka mulut terlalu lebar. Cara ini di percaya efektif untuk mengurangi jumlah udara yang masuk dalam pencernaanmu, sehingga potensi terjadinya kentut bisa di minimalkan.

2. Hindari merokok, terutama saat selesai makan. Sebab hal ini akan membuat udara yang masuk dalam tubuh jadi lebih banyak. Mau itu rokok dari tembakau atau pun rokok elektrik memiliki dampak yang sama bagi tubuh.

3. Bukan hanya menjadi pemicu terjadinya sendawa, minuman bersoda juga memiliki efek lain bagi tubuhmu seperti sering buang angin. Hal ini tentu saja bisa terjadi akibat gelembung udara yang ada dalam minuman ini ikut masuk kedalam pencernaan, sehingga akan terakumulasi dalam lambung.

4. Ternyata, mengunyah permen karet juga bisa menyebabkan seseorang kentut. Karena dengan mengunyah permen karet akan mengakibatkan perut terasa kembung yang akhirnya tubuh akan secara alami mengeluarkan gas tersebut melalui kentut.

5. Olahraga selain bikin tubuh lebih sehat, ternyata juga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan. Dengan menggerakkan seluruh bagian tubuh, pencernaan dalam tubuh kita juga akan berjalan lebih lancar, sehingga dapat membantu mengurangi penumpukan gas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kentut.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *