Bisa Menjaga Mental, Ini 3 Hewan Yang Bisa Kamu Jadikan Teman Bermain

Bisa Menjaga Mental, Ini 3 Hewan Yang Bisa Kamu Jadikan Teman Bermain

Di kutip dari sebuah laman kesehatan mental, memelihara hewan peliharaan ternyata memiliki manfaat, terutama untuk menjaga kesehatan mental . Pada dasarnya, hewan peliharaan bisa membantu menekan tingkat stres dan kemungkinan depresi pada orang yang memeliharanya.

Bukan hanya itu, studi lainnya juga mengungkapkan bahwa memelihara hewan peliharaan dengan baik bisa meningkatkan perasaan bahagia dan semua itu berkaitan dengan pesikologisĀ  seseorang. Nah, dari sekian banyak hewan peliharaan yang tersedia, berikut ini ada beberapa jenis hewan yang cocok untuk kamu pelihara serta bisa membantu menjaga kesehatan mental kamu.

1. Anjing

Anjing memang sudah menjadi hewan peliharaan sejak jaman dulu. Banyak orang memilih anjing sebagai hewan peliharaan karena hewan ini memiliki kesetiaan yang tiada tara kepada majikannya, bahkan hewan ini juga bisa melindungi pemiliknya dengan baik.

Dengan memelihara hewan ini, seseorang bisa menjaga kesehatan mental mereka. Memelihara anjing juga bisa menurunkan resiko depresi serta gangguan mental lainnya. Di beberapa negara maju, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing saat ini sudah digunakan untuk terapi pada pasien di rumah sakit.

2. Kucing

Selain anjing, kucing tentu saja masuk dalam kumpulan hewan peliharaan yang bisa menjaga kesehatan mental. Di kutip dari sebuah laman, memelihara kucing ternyata cukup ampuh untuk menurunkan tingkat stres. Meski kucing bukanlah hewan yang hidup berkelompok, ternyata dengan berinteraksi langsung dengan hewan ini bisa memberikan manfaat yang baik untuk pemiliknya, terutama kesehatan pesikologis.

Namun, untuk perempuan yang sedang mengandung sangat tidak di anjurkan untuk berinteraksi langsung dengan kucing. Sebab, kucing merupakan hewan yang bisa membawa parasit Toxoplasma gondii yang bisa menyebabkan masalah kesehatan berupa penyakit toksoplasma dan bisa memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan kehamilan dan janin dalam kandungan perempuantersebut.

3. Ikan hias

Ikan hias sering di jadikan hewan peliharaan karena tidak memerlukan banyak ruang. Ikan hias tentu saja bisa kamu pelihara dalam akuarium berukuran kecil selama ikan yang di dalam akuarium bisa bergerak dengan baik. Apa bila kamu memiliki lahan atau ruang yang cukup, kamu juga bisa membangun sebuah kolam untuk memelihara beberapa ikan koi yang bisa membuat ruangan kamu lebih indah.

Memelihara ikan hias ternyata juga bisa mempengaruhi kesehatan mental kamu loh, menurut laman kesehatan, meskipun ikan hias tidak bisa berinteraksi layaknya mamalia. Akan tetapi, ikan hias bisa membuat perasaan pemiliknya lebih tenang dan terhindar dari stres.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *