Kenapa Mengenderai Kendaraan Bermotor Diperuntukan Untuk 17 Tahun Keatas

Kenapa Mengenderai Kendaraan Bermotor Diperuntukan Untuk 17 Tahun Keatas

Dalam hidup sehari-hari pasti kalian sering menghadapi beberapa kekesalan yang ada. Misalnya yang paling simple adalah di jalanan. Dimana saat kalian berjalan atau sedang menyeberang, ada saja motor yang ugal-ugalan. Yang ngebut padahal sudah lihat ada orang yang sedang menyeberang atau sedang berjalan di trotoar atau di pinggir jalan, tapi ada-ada saja orang mengenderai dengan sembarang. Tetap nge gas, bahkan kadang bisa sangat tipis dengan orang pejalan kaki. Dan biasanya yang seperti ini adalah pengguna sepeda motor.

Kenapa Mengenderai Kendaraan Bermotor Diperuntukan Untuk 17 Tahun Keatas

Dan kita bisa menemukan banyak sekali di kota Jakarta terutama. banyak pengguna kendaraan bermotor yang tidak bertanggung jawab, yang tidak bisa menaati lalu lintas. Hanya sekedar mengendara tanpa mengikuti rambu lalu lintas, dan membawa kendaraan dengan tidak bertanggung jawab. Dan yang seperti ini sangat membahayakan nyawa orang lain. Dan yang seperti yang harusnya di tilang dan diberikan edukasi. Banyak orang yang hanya tahu sekedar mengendarai. Hanya tahu mengendarai, tanpa tahu etika berkendara yang baik.

Maka penting sebenarnya untuk mengikuti aturan SIM hanya berlaku pada umur di atas 17 tahun. Memang kendaraan bermotor bisa dipelajari oleh anak-anak, bahkan mereka cepat belajar. Tapi bukan soal bisa dan tidak bisa mengendarai. Bukan soal cepat atau tidak dia memahami mengenderai kendaraan bermotor. Tetapi seberapa dewasa dan bijak dia dalam membawa kendaraan. Karena anak di bawah umur tergolong memiliki mental yang belum cukup atau belum memiliki sikap dewasa dalam mengendera kendaraan bermotor.

Masih terbawa ego dan mudah panas saat di jalan. Sehingga saat ada kendaraan lain yang mengelabui, kadang ada yang mudah panas dan merasa tidak terima, dan akan di gas balik. Dan ini sangat membahayakan. Tidak hanya nyawanya tapi orang sekitar. Itulah sebabnya mengenderai kendaraan bermotor di peruntukan untuk anak di atas 17 tahun. Sehingga mereka lebih dewasa dan bijaksana dalam memngendarai. Sehingga tidak hanya membawa kendaraan bermotor, tapi juga bisa mempertanggung jawabkannya di jalan.

admin