Mengontrol Ucapan Dan Tindakan Kita Terhadap Orang Tua

Mengontrol Ucapan Dan Tindakan Kita Terhadap Orang Tua

Bagi kalian semua orang-orang yang masih memiliki orang tua. Bersikaplah baik kepada orang tua. Buatlah mereka bahagia dan bangga. Jika tidak bisa, setidaknya jangan membuat hati mereka sakit. Kadang karena keegoisan kita, dan karena tidak bisa mengontrol diri dan berpikir pendek, kita dengan mudah membantah orang tua. Dan menyakiti hati orang tua dengan beberapa perkataan pedas. Tanpa kita memikirkan hati dan perasaanya saat mendengarkan itu.

Mengontrol Ucapan Dan Tindakan Kita Terhadap Orang Tua

Orang tua pun masih sering salah. Sehingga kita sebagai anak perlu mengalah. Perlu hati yang besar untuk menerima dan memakhluminya. Karena kita pun begitu, saat kita berbuat salah, orang tua sering sekali memakhlumi dan menerimanya. Karena merak tahu tidak ada yang sempurna. Jadi penting untuk kita untuk bersikap seperti itu. Jangan berpikir oh mereka orang tua, mereka sudah tahu segala hal dan mereka bijak. Dan harusnya mereka yang bisa jadi contoh.

Memang, tapi kembali lagi, tidak ada manusia yang sempurna jadi, satu dua kali kesalahan, makhlumi lah. Jangan sampai karena emosi dan kekesalan kita yang tidak terkontrol, sampai tega mengeluarkan perkataan atau sikap yang menghancurkan hati orang tua. Orang tua tidak akan pernah mengatakan dia sakit hati karena perkataan kita yang mana. Mereka hanya akan diam, dan merenung. Jangan sampai tindakan kita itu membuat mereka menangis, dan membuat anda menyesal pada akhirnya.

Contoh terdekat seperti kakakky yang berantem dengan papa. Seminggu tidak ada obrolan atau tegur sapa, sampai akhirnya papa terkena stroke, dan hari kedua di rumah sakit, papa sudah koma, dan hari ketiga papa meninggal dunia. Waktu yang sangat cepat sekali. Dia yang begitu sehat, bisa tiba-tiba, jatuh sakit dan hanya sebentar sekali, dan meninggalkan kita semua. Dan anda tahu, sampai sekarang penyesalan yang kakak saya rasakan. Selalu menghantuinya, rasa bersalah, karena tidak sempat ngobrol dengan ayah, tidak sempat meminta maaf hanya karena egonya. Jadi untuk kalian semua, manfaatkanlah waktu anda bersama orang tua sebaik mungkin.

admin